SITUS YONI BADAS

Kompleks bangunan di bagian barat laut diperkirakan terdapat di wilayah Jombang juga, tepatnya di Dusun Tugu dan Dusun Badas, Kecamatan Sumobito. Di lokasi ini tersebar beberapa struktur bata, tetapi belum dilakukan penggalian secara intensif. Sayangnya pula, sejauh penelusuran di lapangan, tidak ditemukan yoni kerajaan berpahat nagaraja, kecuali sebuah yoni kecil polos dan sederhana, yang ditemukan di tepi jalur rel kereta api, setelah beberapa kali dipindahkan penduduk.

Berikut ini foto perkiraan Yoni Badas, yang saat ini tersimpan di Museum Nasional, Jakarta.

 
Di gedung lama Museum Nasional (pada tahun 1994 pemerintah membangun gedung baru dengan style yang sama dengan gedung asli di sebelah Utaranya), tepatnya di depan arca raksasa Bhairawa Budha dari Padang Roco, pada bagian tengah selasar yang tak beratap, teronggok sebuah Yoni dengan nomor inventaris 366a, yoni tersebut dihias dengan pahatan sulur-suluran yang cukup kaya, berhiaskan relief Naga Raja pada bagian ceratnya dan berbentuk segi delapan. Sayangnya, selain nomor inventaris di badan yoni, tidak terdapat keterangan apapun mengenai keberadaan benda unik tersebut ..... Inilah petikan tulisan Sofwan Noerwidi dari Balai Arkeologi Yogyakarta.



Bila kita bandingkan dengan temuan Yoni Lebakjabung yang berada di Selatan-Barat, yoni tersebut di atas memiliki kemiripan, dari sisi bentuknya (segi delapan) dengan hiasan Naga Raja. Dari sisi motif ukiran atau pahatannya terdapat kemiripan juga.

Berikut ini foto dari Yoni Lebak-Jabung (ukiran Naga Rajanya telah rusak).

SITUS YONI BADAS 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'SITUS YONI BADAS' On ...

Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 10 Mei 2011

Belum ada komentar untuk "SITUS YONI BADAS"

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda yang sesuai dengan isi artikel di atas demi persahabatan sesama anak bangsa, namun jangan sekali-kali melakukan spam atau menempatkan link aktif pada komentar anda. Terima kasih.